Home » » Apa Itu Phising? Cari Tahu Selengkapnya Hanya Di Sini

Apa Itu Phising? Cari Tahu Selengkapnya Hanya Di Sini

Ditulis Oleh Unknown, Pada Hari Sabtu, 08 Juni 2013 | 03.17

@anonymousPalsu - Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas sedikit mengenai masalah phising. Phising mempunyai arti dasar yaitu "memancing" maka bisa di katakan Phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit seseorang secara illegal.


Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah.

Bentuk phising ini bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah berbentuk fakeweb (situs palsu/tiruan) dan email palsu. Situs palsu, maksudnya adalah situs yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai situs aslinya. Oleh sebab itu, bagi orang yang tidak hati-hati maka mereka akan terjebak masuk kedalam situs palsu ini dan memberikan data-data pribadi mereka. Seperti phising facebook, twitter, serta forum-forum terkenal.

Untuk menghindari phising jejaring sosial ataupun forum-forum terkenal (seperti gemscool, kaskus, dan sebagainya) adalah dengan cara berhati-hati sebelum memasukkan data akun pribadi pada sebuah situs, ada baiknya tidak memasukkan data pada situs yang memiliki URL aneh & tampilan mirip situs-situs tertentu.

Berikut adalah contoh phising facebook, lihatlah alamat website dan tampilannya:

Ada pula yang berbentuk email palsu yang seolah-olah datang dari website resmi. Biasanya isi email palsu ini meminta konfirmasi dari user name dan password dengan mengklik link yang telah disediakan di email tersebut. Maka dari itu, berhati-hatilah!

0 komentar:

Posting Komentar